Popular Posts

Tutorial Membuat Aplikasi Sederhana Dengan PHP Native #part1 Persiapan Mockup

Share it:
     aplikasi ini dibuat untuk membantu yang baru mengenal pemrograman dan masih belum mengerti sama sekali darimana awal membuat sebuah aplikasi web. untuk itu saya membuat aplikasi ini supaya jangan seperti saya masuk kerja kebingungan mulai mengerjakan darimana terlebih dahulu.
    seperti yang kita ketahui banyak mahasiswa keluar dengan IPK tinggi namun tidak mengerti mau apa-apa setelah lulus karena skill pun masih meraba-raba. oleh karena itu untuk mahasiswa yang masih kuliah dan anak SMK RPL yang lagi belajar pemrograman saya buatkan tutorialnya per step supaya kalian mencobanya sendiri dan mengerti pembuatannya.

dalam membuat sebuah aplikasi web yang perlu kita kuasai antara lain

  1. HTML5.
  2. CSS.
  3. Java Script.
  4. PHP.
  5. SQL database.
Mas saya ga bisa semuanya....? Sama saya juga ga bisa...... hanya bermodalkan google dan nanya sana sini ya akhirnya bisa juga. didalam pembuatan aplikasi kali ini saya anggap kalian mengerti semua dasar dari pemrograman diatas. bila belum bisa ya googling aja paket internet murah 90 rebu udah dapet 8GB.

ok langsung saja tutorialnya.

aplikasi kali ini saya buat sederhana saja. isi dari aplikasinya apa?

  1. login
  2. lupa password dengan dikirimkan email
  3. didalam aplikasinya ada CRUD(create,read,update dan delete);
  4. upload image
sudah 4 saja terlebih dahulu karena pada dasarnya aplikasi yang default ya cuma itu doank.

selanjutnya apa yang akan kita buat terlebih dahulu mas?

dalam hal ini yang perlu kita buat terlebih dahulu yaitu:
  1. kita mau buat aplikasi apa?
  2. bikin mockupnya
  3. bikin database dan tabelnya.
  4. ngoding dengan PHP untuk menggabungkan point no.2 dan no.3

STEP 1 : kita mau membuat aplikasi apa?

    pada skenario kali ini kita akan membuat aplikasi SAKTI (sistem aplikasi karyawan tukang ikan).
pada kasus kali ini kita bisa login dan bisa lupa password. ketika sudah login karyawan bisa tambah jenis dan jumlah ikan serta stoknya ikannya plus karyawan juga bisa upload image ikannya. selain itu  karyawan juga bisa update jumlah ikannya dan bisa delete stok yang ada.

Step 2 : membuat Mockupnya.

     membuat mockup bisanya kita harus bisa menguasai HTML5, CSS, java script, Jquery, Bootstrap dan masih banyak yang lainnya. pusing kan?... ga usah pusing download saja di aplikasi admin bootstrap free. langkahnya.
  1. buka alamat web ini clik ini
  2. atau bisa juga download punya ane yang sudah ane ubah-ubah dikit. clik disini
hasil dari mockup saya adalah sebagai berikut:

Halaman Login

Halaman Lupa Password


Halaman Dashboard CRUD


 Halaman Tambah Data.




ketika mockup sudah dibuat selanjutnya adalah desain databasenya. atau bisa dibalik juga kita desain databsenya terlebih dahulu baru mockupnya. kalau saya lebih suka mocupnya dulu baru database menyesuaikan.

untuk mendisain databasenya kita lanjut di tutorial selanjutnya.

Doakan saja saya tidak muncul rasa malasnya untuk membuat tutorialnya... selamat malam dan sampai ketemu di tutorial selanjutnya.

Share it:

tutorial aplikasi

Post A Comment:

0 comments: