Popular Posts

CPU/ Memory/ Disk 100% Usage

Share it:
CPU/ Memory/ Disk 100% Usage - Spesifikasi Komputer sudah tinggi, sudah sesuai rekomendasi dengan minimum requirements, tetapi terkadang ada saja muncul beberapa permasalahan yang tidak diinginkan, seperti misalnya Komputer berjalan menjadi sangat lamban, lemot, sulit untuk melakukan multi tasking dan bahkan mungkin hampir tidak bisa dioperasi sama sekali. 

Jangankan untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, untuk melakukan startup saja terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, bukan hanya 5-10 menit, bahkan terkadang hingga mencapai 40 menit waktu yang dibutuhkan untuk memuat sampai masuk pada halaman desktop.

Saat membuka task manager, mungkin anda pernah melihat status Disk terus berjalan hingga mencapai 100% telah gunakan, meskipun semuanya secara konsisten berjalan pada 0 MB/s dan terkadang mungkin akan ada beberapa kelompok service host: proses lokal service (Network) dan beberapa layanan di latar belakang sistem lainnya yang dapat berjalan di 0.1 MB/s yang terkadang melonjak hingga 2.2 MB/s bahkan lebih, akan tetapi jika ditotal mungkin penggunaannya tidak sesuai dengan spesipikasi hardware yang digunakan.

CPU/ Memory/ Disk 100% Usage

Hal tersebut merupakan beberapa proses System saat komputer dijalankan. Lantas tindakan apa yang harus diambil untuk menindaklanjuti masalah tersebut, mungkin anda dapat melakukan reboot sistem, dan menonaktifkan beberapa proses dibagian startup sebelum anda mengambil keputusan untuk melakukan Installasi ulang komputer.

Atau anda bisa mencoba 2 Trik berikut ini:
1. Menonaktifkan proses "Windows Search", "Superfetch" dan "BITS (Background Intelligent Transfer Service)"
2. Setting Manual Virtual Memory Paging File.

Implementasi:

Menonaktifkan Proses "Windows Search", "Superfetch" dan "BITS"

Buka dialog Run dengan menekan tombol (Windows key + R) bersamaan pada Keyboard.

Di kolom "Open", ketik "services.msc" kemudian teken "Ok"



Cari "Windows Search", kemudian klik kanan dan pilih "Properties".



Pada "Starup Type" di tab General pilih "Disable" kemudian tekan 'Ok".



Masih di "Windows Search", pada bagian kiri atas klik "Stop"



Proses "Windows Search" sudah di nonaktifkan.



Langkah selanjutnya adalah melakukan hal yang sama pada "Superfetch", seperti saat menonaktifkan proses "Windows Search".



Pada tahap ini seharusnya sudah ada pengaruh terhadap penggunaan Disk dari beberapa lonjakan proses yang tak terduga dan penggunaan Disk sudah akan berkurang dari lonjakan lonjakan tersebut,



tapi jika implementasi seperti diatas masih belum berhasil, anda dapat melanjutkan untuk menonaktifkan proses BITS, metodenya sama seperti saat anda menonaktifkan "Windows Search" dan "Superfetch".




Setting Manual Virtual Memory Paging File

Memori virtual memungkinkan sistem menggunakan ruang hard disk untuk menyimpan informasi yang biasanya tersimpan dalam RAM, dan System mengelola memori virtual dengan menggunakan paging file.

Anda bisa menentukan sendiri ukuran minimum dan maksimum paging file ini dan terlebih dahulu anda harus mengkonversi ke MB. Sebagai contoh anda memiliki besar RAM 2GB, dan untuk mengkonversi ke mb ini akan menjadi: 1024 x 2 = 2048 mb, hasil konversi tersebut dapat anda gunakan sebagai min paging file, dan untuk max paging file anda dapat melipatgandakannya seperti berikut ini: 2048 mb x 2 = 4096 mb.

Untuk melakukan Setting paging file, anda dapat masuk dengan cara: Klik kanan pada Start Menu\ pilih System



Pilih "Advanced System Settings"



Kemudian pilih tab "Advanced", lalu klik "Settings" pada "Performance".



Pada "Performance Options" Pilih tab "Advance" lalu klik "Change" pada "Virtual Memory".



Di "Virtual Memory" hilangkan centang pada "Automatically Manage paging file", kemudian tentukan "Drive" yang akan digunakan untuk membuat Paging File, lalu pilih "Custom Size:" dan anda dapat menentukan nilai untuk "Initial Size (MB):" dan "Maximal size (MB):" seperti pada ulasan contoh konversi besar RAM ke MB diatas. Jika anda sudah yakin, klik "Set" lalu tekan "Ok" dan "Restart Komputer" .



Demikianlah sedikit tips yang mungkin bisa dijadikan sebagai solusi untuk mengurangi pengguaan Disk yang selalu di 100%. Trik di implementasikan pada Windows 8.1 Enterprise.
Share it:

Komputer

Post A Comment:

0 comments: